Parepare, 15 Agustus 2024.

7menit.com | Bertempat di Lapas IIA Parepare, Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH menyaksikan langsung final lomba karaoke antar Warga Binaan Pemasyarakatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 79 Tahun 2024 dan Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024, Kamis 15 Agustus 2024.

Dasar pelaksanaan Surat PLT. Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Nomor : SEK-UM.01.01-659 tanggal 12 Juli 2024 perihal Pedoman Pelaksanaan Rangkaian Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024. Tema peringatan Hari Pengayoman Ke-79 Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2024 adalah “Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045”. Sedangkan Tema HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Tahun 2024 adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Adapun kegiatan secara internal yang telah dilaksanakan pertandingan dan lomba olah raga, seni dan agama sebagai berikut :

A. Bola volley,

B. Sepak takraw,

C. Tenis lapangan,

D. Catur,

E. Tenis meja,

F. Lomba Adzan,

G. Qultum atau tausiyah,

H. Hafalan surat pendek, dan

I. Sholawat serta

J. Karaoke.

Sedangkan lomba yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2024 bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Tahun 2024 adalah sebagai berikut :

A. Lomba balap karung,

B. Lomba makan kerupuk,

C. Pertandingan tarik tambang.

Disamping itu ada kegiatan secara Nasional dalam rangka Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024 yang telah dilaksanakan sebagai berikut :

A. Ziarah Secara Serentak ke Taman Makam Pahlawan (TMP),

B. Silaturahmi dengan Sesepuh Pengayoman,

C. Wisuda Purnabakti Pengayoman,

D. Kumham Peduli/ Berbagi,

E. Pemeriksaan Kesehatan Gratis,

F. Donor Darah (Koordinasikan Dengan PMI),

G. Bangga Memakai Produk Hasil Karya WBP,

H. Pertandingan Menembak,

I. Tenis Lapangan.

Peserta final lomba karaoke adalah warga binaan pemasyarakatan. Bertindak sebagai dewan juri petugas Lapas IIA Parepare.

Pelaksanaan final lomba karaoke berlangsung meriah namun sebelumnya ditampilkan Group Dancer Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kepala Lapas IIA Parepare, Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH menyambut baik kegiatan ini. Kepala Lapas IIA Parepare juga menekankan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Pengayoman merupakan momen refleksi untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi aktif seluruh petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan dalam kegiatan ini, yang menunjukkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai kemerdekaan dan pengayoman.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah berlangsung selama sebulan meliputi berbagai acara seperti lomba-lomba tradisional, bakti sosial, seminar, dan kegiatan olahraga akan di tutup pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2024 sekaligus penyerahan hadiah lomba dan pertandingan. Dimana kegiatan ini dirancang untuk mempererat kebersamaan, tali silaturahmi dan meningkatkan semangat jiwa nasionalisme serta membangun keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas IIA Parepare.

Seluruh pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.(*/)

I.S sitaba

By admin